Senin, 07 Januari 2013

Batik Tanjung Bumi

Batik Tanjung Bumi


Batik Jogja, Batik Pekalongan, Batik Cirebon sudah biasa. Motif parang baron, parang rusak, megamendung, gringsing pun sudah biasa. Bagaimana dengan batik Tanjungbumi atau motif batik tluki kurung? Belum tentu.
Tanjungbumi merupakan daerah yang menjadi sentra batik yang cukup terkemuka di Pulau Madura. Letaknya 50km ke arah utara Kabupaten Bangkalan, Madura dan berdekatan dengan wilayah laut, tepatnya Laut Jawa. Desa Tanjungbumi dapat ditempuh dengan mobil pribadi selama 45-60 menit. Namun, jika teman2 ingin menggunakan angkutan umum, dari Bangkalan-Tanjungbumi cukup mengeluarkan uang Rp 8.000 hingga Rp 10.000 sudah tiba di perkampungan batik Tanjungbumi. Di desa ini, membatik sudah menjadi keseharian warganya. Konon, pada mulanya para istri membuat batik untuk mengisi waktu luang sambil menunggu suami datang melaut. Ya, profesi nelayan merupakan mata pencarian utama para laki-laki di Tanjungbumi karena kondisi geografisnya dekat dengan laut. Di desa ini setidaknya terdapat kurang lebih 900 perajin batik yang menyebar di seluruh Tanjungbumi. Tak heran para remaja di sana pun telah mahir membuat batik.

 
Rute dari Bangkalan Menuju Tanjungbumi
Rute dari Bangkalan Menuju Tanjungbumi
Kebanyakan motif batik Tanjungbumi berkisar pada motif batik tulis pesisir yang dipengaruhi oleh lingkungan dan letak geografisnya. Warna-warna khas batik tulis di daerah ini menggunakan warna-warna yang tajam dan kontras yang disesuaikan dengan karakter masyarakat Madura. Salah satu warna yang menjadi ciri khas adalah warna merah. Biasanya ada setitik warna merah pada motif daun, bunga, merak, dan sebagainya. Bagi masyarakat Tanjungbumi, dulunya batik diperlakukan sebagai barang berharga layaknya emas atau tabungan dan diwariskan kepada anak cucu. Namun, seiring berjalannya waktu, batik sudah mulai dikomersialkan. Batik Tanjungbumi konon bisa bertahan dan awet hingga puluhan bahkan ratusan tahun tanpa lapuk maupun berubah warna.
Batik Sarimbit (sepasang)
Batik Tanjungbumi Sarimbit (sepasang)

Batik Tanjungbumi
Batik Tanjungbumi, Madura, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar